Cerita UMKMHotnews

Bikin puding menggemaskan, resep Retno mendobrak pasar puding di Magelang.

Mertoyudan (kaliprogo.com) – Puding adalah sebuah hidangan penutup yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dan disukai banyak anak-anak ataupun orang dewasa di seluruh dunia, teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat puding menjadi daya tarik bagi wanita jurusan s1 ekonomi manajemen untuk membuat usaha puding sendiri.

Wanita yang bernama Retno Wahyuning Ratri, berasal dari Kalimalang RT 6 RW 2 Mertoyudan Magelang dan sudah menikah ini menceritakan, berawal sewaktu masih kerja sering koleksi cetakan-cetakan puding yg unik-unik lewat online, niatnya hanya membeli untuk anak saya, belum terpikir untuk usaha sendiri.
Namun setelah mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya tetiba terbesit keinginan untuk membuat puding 3D, saat itu ia melihat sepertinya di Magelang belum ada yg buat di Magelang.

Dari sekedar berselancar di internet diwaktu senggang istirahat kantor, ia mencari resep resep kreasi Puding 3D, dan mulai berkreasi awalnya hanya untuk anak-anak ketika rasa & modelnya sudah terlihat menjual ia kemudian memutuskan menjual puding 3D buatanya.

Pernah bekerja disalah satu lembaga keuangan dengan posisi terakhir sebagai HRD yang sehari-harinya sebagai wanita karir dimana segala pekerjaan dikerjakan dengan komputer dan internet, ia merasa tidak canggung ketika harus usaha dari dapur rumahnya dan membuka Brand pudingnya dengan nama “Puding Mamaraf”, dan agar mudah di ingat pelanggan Puding mamaraf di instagram memakai nama @puding_magelang.

Modal pertama untuk menjalankan usaha puding sebenarnya Retno tidak begitu ingat, hanya bermodalkan alat-alat dan cetakan koleksinya yang ia kumpulkan sewaktu masih bekerja.

Memanfaatkan facebook, untuk berjualan pertama kali, awalnya ia sering posting hasil kreasi pudingnya, dari situlah kemudian teman-teman dekat mulai membeli, kemudian iapun mulai beralih ke instagram untuk memasarkan hasil puding kreasinya.

Seiring lambat laun Puding kreasinya mulai menjadi berbagai hampers puding dan puding karakter. Untuk bahan bakunya sendiri ia mengaku tidak terlalu kesulitan ada yang dari sales dan adapula yang dari pasar.

Sebenarnya banyak produknya yang laku dan menjadi idola tuturnya kepada kaliprogo media, namun saat ini hampers puding dan puding karakter menjadi favorit harganya yang sangat terjangkau mulai 38.000, banyak disukai pelanggan.

Setelah 5 tahun usaha puding ia mengaku omsetnya bisa mengantongi jutaan rupiah setiap bulannya, cukup untuk tambah tambah uang bulanan dirumah sambung Retno.

Ketika membuat puding kreasi 3Dnya ia sering gemas sendiri ketika membuat puding replika karena bentuknya kadang bisa mirip asli karakter kartun.

Lantas iapun mengaku sebenarnya pasar puding sangat bagus namun untuk saat ini usaha pudingnya masih sebatas untuk area dalam kota saja untuk saat ini, faktor pertama adalah karena puding adalah makanan basah dan mudah rusak jika dikirim melalui ekspedisi.

Jadi selama ini masih berjualan secara konsisten di Instagram, Facebook dan whatsaap untuk area Magelang saja.

Untuk menjaga pelanggan selalu kembali puding buatanya ia sering mengasah kreatifitas, dari mencoba kreasi-kreasi puding unik, mempercantik packaging, ramah dengan konsumen, dan selalu mempertahankan kualitas produk olahanya.

Iapun berpesan bagi teman-teman yang ingin usaha puding harus telaten, berkreasi terus, berlatih terus, dan semangat terus untuk belajar.

Related Articles

Back to top button