Kreatif

7 langkah menaikan pemasukan selama pandemi

Magelang ( Kaliprogo.com ) – Menjelang berakhirnya bulan Agustus 2020, pandemi covid-19 masih belum menunjukan gejala menurun , bahkan jumlah korban yang terpapar di Indonesia semakin bertambah hingga menembus 140.000 penderita, hal ini berdampak dengan jalanya perekonomian , dari berbagai sektor usaha dari usaha kecil hingga usaha besar.

Namun jangan berkecil hati walaupun beberapa Negara sudah masuk kedalam periode resesi dan bahkan negara kita juga diprediksi akan resesi, tampaknya beberapa usaha kecil hingga besar bisa bertahan dengan menerapkan beberapa tips berikut :

Go Digital & Persiapkan Konten dengan baik

Dengan menggunakan media daring dan konten pemasaran yang menarik, saat ini merupakan salah satu langkah mudah serta murah yang terbukti berhasil menjangkau lebih banyak konsumen, oleh sebab itu pastikan ketika produk sudah siap diluncurkan, jangan lupa untuk membuat konten pemasaran yang masif dan edukatif.

Caranya Tentukan seperti apa konten pemasaran yang tepat untuk produk Anda dan siapa pasar yang ingin dibidik. dimulai dari Pemotretan Produk yang baik, penulisan caption yang mudah dipahami dan informatif, dan pastikan anda menggunakan budget iklan yang baik.

Buat Program Affiliasi / Refferal

Nah Jika content sudah siap, pastikan kamu membuat rencana penjualan dengan sistem refferal / affiliasi. Strategi marketing yang satu adalah salah satu proses bisnis win win solution, bahkan affiliasi ini bisa memberikan seseorang potensi pendapatan hingga puluhan juta rupiah per bulan bagi kedua belah pihak hanya dari hasil menjualkan barang-barang milik orang dan memiliki jaringan refferal.

Buat Pameran Online secara live melalui Sosial Media

Pameran Online, bagaimana caranya, nah selama pandemi kita akan kesulitan untuk melakukan pameran di mall atau event tertentu karena dilarang ada kerumunan massa agar tidak ada resiko penularan covid-19.

namun prakteknya masih banyak orang yang lebih sreg ketika melihat produk dan berkonsultasi secara langsung. Dan Untuk menarik minat calon pelanggan kuncinya ada pada pemilihan waktu yang tepat untuk membuat acara Live Pameran via Sosial Media,jadi jangan langsung mempromosikan produk bisnis kepada orang lain tapi buatlah pengumuman terlebih dahulu kemudian tanyakan dulu masalah atau kebutuhan yang mereka alami di sosmed kemudian tawarkan solusi saat acara live, pastikan juga produk kamu dipajang dengan baik dan koneksi internet kamu dalam keadaan lancar.

Buatlah Kompetisi Virtual

Menggelar kompetisi atau lomba melalui media sosial juga salah satu strategi marketing yang efektif untuk menyiasati promosi usaha kamu, lakukanlah secara berkala dengan beberapa hadiah yang tentunya bukan program tipu tipu. agar kamu bisa mengakuisisi lebih banyak pelanggan, menambah awarness brand.

Tentunya kamu bisa mempromosikan produk kamu dengan memberikan giveaway atau hadiah berupa produk yang dijual.

Brand Kolaborasi

Tak selamanya jika kamu Usaha dan berjalan sendiri itu menyenangkan. Dalam konteks memulai Bisnis, jika sumberdayamu tidak memiliki bahan bakar yang besar, kamu dapat menggandeng perusahaan atau partner lain yang sudah lebih dulu mapan. 

Contohnya : Usaha Kecil kerajinan tas furing menggandeng warung kelontong sekitar.

Gunakan Website dan optimasi dengan SEO

Pandemi tentunya membuat banyak orang harus bekerja secara online, jadi jangan lupa gunakan Website dan media sosial menjadi medium digital yang paling efektif untuk menerangkan produk usahamu, didukung dengan konten marketing baik akan mempermudah pelanggan mencari usaha kamu.

Saat ini mengingat sudah sangat banyak konten yang ada di dunia maya, maka kamu perlu membuat kontent yang mudah dicari oleh mesin pencari. oleh sebab itu mulailah belajar Optimasi Search Enggine atau SEO.

Gandeng Influencer

Influencer marketing sebenarnya sudah ada sejak jaman bahulak, namun beberapa tahun terakhir ini menjadi sangat booming akibat perkembangan sosial media yang masif, dan menjadi sumber penghasilan yang cukup signifikan.

Sampai detik ini peran infuencer memang masih sangat ampuh untuk membangun narasi brand kamu dan mendongkrak omzet penjualan. mereka bekerja dengan mempromosikan produk kamu melaui postingan di platform mereka.

nah tunggu apalagi, ayo segera bergerak jualan yang banyak. (doc.Oky)

Related Articles

Back to top button