Cerita UMKMHotnewsKuliner

Sudah icip ‘Legondo’ Makanan Khas Borobudur Belum?

Magelang (kaliprogo.com) Kabupaten Magelang menyimpan sejuta keindahan. Baik pariwisata maupun kulinernya.

Seperti makanan satu ini. Namanya Legondo. Ini merupakan makanan tradisional yang hanya bisa ditemui saat lebaran.

Namun, kuliner satu ini bisa kita dapatkan di “Legondo Bu Suad” yang beralamat di Jalan Kapling Jayan RT 3 RW 1 Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Legondo adalah makanan yang terbuat dari campuran pisang, ketan, kelapa. Dibungkus menggunakan ‘besek’ (anyaman bambu) dan dikerjakan secara manual.

Pemilik usaha “Legondo Bu Suad” Ernalia Masly mengaku, ingin melestarikan makanan tradisional khas Magelang yang hanya bisa didapatkan saat lebaran saja.

“Keinginan untuk melestarikan atau ‘nguri-nguri’ makanan tradisi keluarga. Dulu adanya cuma pas lebaran hari pertama saja. Jadi setiap tahun bikinnya cuma sekali dan saat ada momen spesial di keluarga saja,” kata Ernalia

Ia mengaku, Legondo ingin dijadikan sebagai makanan khas Borobudur selain Gethuk yang merupakan makanan khas Magelang.

“Selain itu, di Borobudur belum ada makanan khas. Padahal Borobudur itu destinasi wisata internasional. Sementara di Magelang itu sudah terkenal dengan Gethuknya, Semarang dengan Lumpianya. Maka kami mengenalkan makanan yang unik dan langka yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Borobudur. Yakni Legondo,” terangnya.

Ernalia menerangkan, merintis usaha ini sejak tahun 2017 sampai sekarang. Ia mengaku memiliki omzet sebesar Rp 3 sampai 4 Juta sebulan dari awalnya modal sekitar Rp 300 ribu.

“Alhamdulillah, modal awal dulu sekitar Rp 300 ribuan, lalu berkembang sampai sekarang. Karena buatnya lama, maka kami membuka pesanan melalui sistem Pre-Order (PO) dua hari sebelumnya,” tambahnya.

Related Articles

Back to top button