Cerita UMKMHotnews

Suka membuat kerajinan Febri asik buka usaha mahar bersama suami.

Muntilan (kaliprogo.com) – Setiap orang tentunya akan mengalami pernikahan dalam hidupnya, hal inilah yang membuat Febri Five Wulandari, wanita asal Nepen, Rt 01/ Rw 05, Gunungpring, Muntilan, Magelang, Jawa tengah ini punya ide menarik untuk membuat hantaran bagi pasangan, calon pengantin.

Mendirikan Usaha SEJOLI CRAFT, wanita berusia 40 tahun ini mantap membuat hantaran pernikahan yang unik bersama sang suami.

Awal mulanya wanita yang akrab disapa dengan (Febri) dan suami mulai menjalankan usaha ini karena dorongan suami yang melihat potensi Febri yang suka membuat kerajinan.

Kebetulan dari sebelum kita menikah, febri sudah mulai menekuni dunia permaharan tetapi belum dijalani dengan serius. melihat peluang usaha mahar ini di kota Muntilan dan sekitarnya belum optimal. Kemudian febri memberanikan diri mulai terjun di dunia usaha mahar, dengan cara online.

Saat itu belum terlalu banyak yang membuka usaha mahar online di Muntilan. Bisa dibilang kami salah satu pioner usaha mahar online di Muntilan, papar febri.

Promo awal saat usaha sendiri masih sederhana melalui medsos, kemudian mencoba berjualan melalui marketplace, saat itu namanya Toko Bagus.

Alasan utama Febri mantap dalam usaha permaharan ini Karena pada waktu itu ia melihat peluang usaha mahar ini masih terbuka lebar, khususnya di Muntilan dan sekitarnya. Apalagi waktu itu kami melihat yang lain belum ada yg mengemas usaha mahar ini secara online, rata-rata masih secara offline atau konvensional.

Sebelum memutuskan membuka usaha ini, aktivitas keseharian Febri dan suami adalah karyawan swasta di kota Jogja. Setelah menikah, kemudian memutuskan untuk mmulai membuka usaha sendiri, yaitu mahar ini. Gaji febri sendiri waktu itu masih UMR kota Jogja, sekitar 2 juta/bulan.

Modal pertama Febri sendiri untuk memulai usaha Mahar ini Berkisar 1juta, yang dikumpulkan dari menyisihkan gaji.

Dari Modal tersebut kemudian ia menjual pertama kali dapat orderan melalui Instagram, dengan omset pertama waktu itu sekitar 1,7 juta.

Seiring berjalannya waktu produk Sejolipun berkembang, diantaranya adalah Produksi box mahar, Buket, Hampers & parcel, Wall decor Produksi tempat uang & perhiasan custom, Produksi pigura, Produksi aksesoris mahar ( contoh: bunga mawar dr klobot jagung, bunga dari uang mainan, etc)

Untuk bahan baku sendiri ia mengaku mendapatkan dari beberapa suplier dan untuk penyuplai bahan baku aksesoris mahar ( seperti : daun klobot jagung, bunga pinus n yg berbahan natural), bekerja sama dengan petani.

Produk yg paling banyak peminatnya adalah mahar uang koin model jam. Dengan harga kisaran 500rb, tergantung besar kecilnya pigura.

Tak terasa kini usahanya sudah berjalan selama 6tahun. Febri pun mengakui dapat meraih omset jutaan setiap bulanya, bahkan dibulan tertentu ia mengaku bisa mendapat pendapatan cukup banyak terutama saat event pernikahan, event wisuda, event lebaran, namun di bulan tertentu disaat jarang event sedikit mengalami penurunan.

Lantas iapun mengisahkan banyak cerita menarik saat menjalankan usaha, salah satunya ada konsumen dari Temanggung, order mahar uang. Selang beberapa bulan order lagi mahar uang, ternyata beliau batal menikah dengan calon yg terdahulu, kemudian sering sekali mendapat undangan resepsi dari konsumen yang order mahar diSejoli, dan akhirnya banyak juga beberapa konsumen yg akhirnya menjadi teman setelah mereka order.

Di Indonesia sendiri pangsanya masih terbuka lebar. Menjalankan usaha mahar sebetulnya tidak terlalu sulit, hanya kita harus sering update perkembangan mahar yang sedang trend saat ini apa, ujarnya.

Agar bisa bertahan di Bisnis inipun febri tak segan-segan untuk selalu konsisten & melakukan inovasi, jadi jangan berubah ubah, Kejar apa yang menjadi tujuan usaha kita. Tidak lupa juga ia berusaha melayani konsumen dengan baik, terus menjalin komunikasi dengan baik & nyaman, yang terakhir selalu memperhatikan qualitas produk.

Sedikit tips dari Sejoli bagi pemula yang ingin terjun di bisnis mahar adalah membuka usaha mahar itu sekarang mudah, lantas ia menambahkan sekarang banyak sekali bermunculan pengrajin mahar. Tapi yang perlu diperhatikan adalah kerapian & kreatifitas. Bekerjalah dengan hati, insyaAlloh hasilnya akan sampe ke hati juga cetus Febri kepada Kaliprogo media.

untuk memudahkan pelanggan yang akan membeli produk & kerajinan dari sejoli, iapun aktif memanfaatkan media online mulai dari google bisnis, google map ataupun datang ke workshop, pelanggan dapat dengan mudah memesan di nomor whatsapp yang tercantum.

Disaat pandemi Kondisi usaha sejoli tutup total, seiring pembatasan masyarakat, kurang lebih hampir 8 bulan. Alhamdulillah awal tahun 2021 ini usaha mahar sudah mulai bergerak lagi walaupun tidak seperti dulu.

Untuk terus bertahan dan semakin dikenal Febri banyak melakukan promoikut pameran UMKM bersama komunitas, kemudian rajin posting di sosial media. Iapun tak segan-segan memberikan diskon dalam rangka masa pandemi utk calon konsumen agar terus dilirik dan diminati konsumen.

Bagi pelanggan yang mencari mahar untuk seserahan iapun memiliki akun instragam : @mahar_hantaran_pigura_sejoli untuk memudahkan pelanggan melakukan pemesanan. Doc Ardi

Related Articles

Back to top button