Resep

Resep Ayam lodho Khas Tulungagung

ini dia AYAM LODHO, salah satu sajian olahan ayam khas dari jawa timur khususnya daerah tulungagung, jadi menu ini adalah salah satu menu maknyus jika kamu berkunjung di Tulungagung, nah kini kamu juga bisa nih cobain resep ayam lodho sendiri dirumah ini dia resep Ayam lodho.

Bahan :
1 ekor ayam kampung
1 btg serai, keprek
13 siung bawang merah
12 siung bawang putih
1 jempol besar lengkuas
8 bh cabe keriting
1 ruas kencur
1/2sdt jintan bubuk
2 ruas kunyit
2 lbr daun salam
5 lbr daun jeruk
65 ml santan kental
20 bh cabe rawit
1 bh jeruk nipis
Garam, gula pasir secukupnya
Air secukupnya

Cara Memasak :

  1. Cuci bersih ayam, belah ayam menjadi 2 jangan sampai terputus & bentangkan hingga menjadi lebar, lumuri ayam dengan jeruk nipis, garam. Diamkan 30menit. Lalu grill diatas pan hingga kecoklatan / boleh juga dibakar ya. Sampai kulit berubah kecoklatan dan bolak balik. Sisihkan.
  2. Sangrai, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kencur, lengkuas, jahe, kunyit, jintan bubuk, cabe keriting hingga wangi lalu angkat dan blender hingga halus dengan COSMOS BLENZ CB802..
  3. Tumis bumbu halus hingga berubah warna masukkan daun jeruk, salam, serai. Aduk2 hingga bumbu agak kering.. masukkan santan, dan beri air, garam, gula, cabe rawit. Aduk rata cicipi rasa.
  4. Setelah rasa pas, masukkan ayam yg sudah di grill kemudian masak dengan api kecil hingga ayam empuk dan bumbu meresap kental.
  5. Setelah matang, angkat dan siap disajikan. Untuk makan besok juga bs masukkan ke kulkas. Rasanya lebih terasa nikmat. Selamat mencoba!

resep By : IG @jessy.recipes

Related Articles
Back to top button